IMG-20160405-WA0021Mahasiswa PGPAUD angkatan 2014 melaksanakan KKL (Kuliah Kerja Lapangan) pada tanggal 4-7 April 2016. Mahasiswa yang berjumlah 120 ini menyambut dengan harapan tercapainya persamaan persepsi tentang pendidikan anak usia dini di Indonesia. Kegiatan yang diketuai oleh An Nida Raudhoh Uripni ini dilepas oleh Ketua Jurusan PGPAUD, Edi Waluyo, S.Pd, M.Pd pada tanggal 4 April 2016 dengan harapan kegiatan KKL ini akan berjalan lancar dan mendapatkan hasil yang dapat diimplementasikan dalam praktik pendidikan anak usia dini.

Tujuan dengan diadakannya KKL ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan praktis dalam disiplin ilmu yang dipelajari, melihat langsung praktik pendidikan di lapangan, dan mendapatkan wawasan baru tentang keberadaan pendidikan anak usia dini di Indonesia. Rombongan KKL mengunjungi Kemendikbud (Dirjen GTK dan Dirjen Pembinaan Pendidikan Keluarga), Kemen PAN-RB, Lab School UPI, dan TK Salman Al Farisi Bandung. Mahasiswa menerima pemaparan dari masing-masing institusi dan dilanjutkan dengan diskusi. Mahasiswa tampak antusias dalam mengikuti diskusi dalam suasana yang hidup dan interaktif. Mahasiswa juga mengunjungi Lab di UPI dan TK Salman Al Farisi Bandung.

Dirjen Pembinaan Pendidikan Keluarga, Eko Budi Hartono, S.E., M.M menyatakan bahwa kunci utama untuk generasi unggul adalah pendidikan anak dalam keluarga. Keluarga semestinya menciptakan pondasi yang kuat untuk keberlanjutan hidup anak. Hal ini senada dengan pernyataan Dra. Firdaus Afif, selaku wakil pengelola Yayasan Salman Al Farisi, orangtua sebaiknya memberikan bekal sejak dini, terutama kepemimpinan. Pada dasarnya setiap individu adalah seorang pemimpin, baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain. Dengan memiliki karakter kepemimpinan yang kuat dari keluarga, anak akan mampu menjalani semua tugas perkembangan dengan baik.

Terdapat pertanyaan dari mahasiswa yaitu bagaimana prospek lulusan PGPAUD ke depan. Subowo Joko Widodo, S.H., selaku wakil dari Kemen PAN-RB, menegaskan bahwa lulusan PGPAUD sangat dibutuhkan di Indonesia, baik sebagai PNS maupun non PNS. Sementara untuk kesempatan sebagai PNS, tentu saja disesuaikan pada porsi kebutuhan daerah masing-masing. Guru PAUD harus memiliki kompetensi karena dituntut untuk profesional, salah satu cara adalah dengan pemerolehan jenjang pendidikan S1 PGPAUD. Mahasiswa tampak puas dan bersemangat untuk melanjutkan apa yang sudah dilaluinya, tetap semangat mahasiswa PGPAUD, jayalah belia Indonesia.

Henny Puji Astuti

 

One Comment

  1. vivi 17 May 2016 at 10:38 am

    jayalah belia Indonesia. Jayalah GUru Paud

     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *