KKL-Singapura-webKuliah Kerja Lapangan (KKL) merupakan kegiatan yang dilakukan untuk memberikan pengalaman secara langsung kepada mahasiswa tentang bidang yang didalaminya di lingkup Universitas.

Sebanyak 27 mahasiswa Kelas Internasional Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang (UNNES) melaksanakan kegiatan KKL di Creative O Pre-school, Singapura dari tanggal 27 – 31 Agustus 2018.

Di lembaga tersebut mahasiswa melakukan observasi dan mencatat berbagai macam hal baru bagi mereka diantaranya suasana yang sangat mendukung pembelajaran baik itu dikelas ataupun di luar kelas.

Dipandu oleh kepala sekolah dan beberapa guru di sekolah tersebut, mahasiswa dijelaskan tentang proses, teknis, dan pelaksanaan pembelajaran yang biasa dilakukan di lembaga tersebut.

Dengan menggunakan pendekatan yang berbeda, mahasiswa memiliki pemahaman baru mengenai pentingnya menggunakan pendekatan-pendekatan yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan anak.

Secara tidak langsung, mahasiswa menganalisa perbedaan antara pembelajaran yang biasa dilakukan di Indonesia dan di Singapura.Hal ini membuka pikiran serta wacana mereka untuk dapat mengambil pembelajaran dari sekolah tersebut dalam kegiatan KKL ini.

selanjutnya, agar mahasiswa dapat menyerap dengan baik mengenai pembelajaran yang ada di Creative O Preschool, maka mahasiswa diminta untuk membuat laporan tentang kegiatan yang telah dilaksanakan secara berkelompok.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *